Jenis Instalasi Flow Meter Air Limbah

Pada Proses dilapangan, aliran aliran air limbah yang keproses penampungan biasanya menggunakan pompa. Sedangkan, untuk aliran air limbah hasil proses kepembuangan atau sungai bisanya menggunakan aliran gravitasi.

Sehingga, pada kondisi tertentu debit air limbah sangat kecil atau low flow velocity. Karena itu, dalam memiih jenis flow meter untuk mengukur flow rate maupun total volume air limbah dibutuhkan kecermatan.

Proses pengolahan air limbah di industry banyak menggunakan berbagai jenis alat instrumentasi . Flow meter air limbah banyak dipakai di industri pengolahan air limbah, baik pada limbah domestik maupun lainya. Fungsinya, untuk mengukur debit air limbah, Total volume air limbah atau untuk control proses.

Lokasi pemasangan flow meter air limbah pada proses, biasanya saluran masuk dan saluran keluar atau saluran pembuangan ke sungai atau parit. Yang lebih efisien dan ramah lingkungan membuat Ipal produksi kami telah terbukti dan teruji menjadi produk yang unggul di pasaran untuk pelayanan kesehatan.

Flow meter untuk air buangan biasanya terdiri dari pemancar dan sensor yang bekerja bersama untuk mengukur aliran. Sensor aliran magnetik mengukur tegangan induksi ketika cairan melewati pipa.

Pemancar aliran magnetik, di sisi lain, mengambil tegangan yang dihasilkan sebagai akibat dari aliran cairan dan mengubahnya menjadi pengukuran, yang, pada gilirannya, ditransmisikan ke sistem kontrol terpusat.

Karena sifat dari air limbah yang kotor, mengandung chemical, dan bersifat korosif maka flow meter air limbahharus sesuai dengan sifat cairan limbah.

Karena sifat dari air limbah yang kotor dan kemungkinan mengandung chemical yang bersifat korosif maka flow meter air limbah yang digunakan harus memenuhi spesifikasi cairan itu sendiri. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas aliran air dan untuk mengukur kebutuhan bahan yang dicampur apakah sudah sesuai dengan prosdur apa belum.

Dalam sistem WWTP/STP, salah satu komponen yang WAJIB dipasang adalah meteran air limbah atau sering dikenal dengan “flow meter” atau “waste water/sewage water meter”. Flowmeter inilah yang akan dicheck berkala oleh petugas dari pemerintah, bila diketemukan tidak terdapat alat ini dalam sistem IPAL maka petugas akan menyegel bangunan tersebut sampai flowmeter terpasang.

Pada peroses pengolahan air limbah di industry banyak digunakan alat untuk mengukur debit air yang dalam hal ini flow meter. Flow meter pada proses air limbah biasanya di pasang pada saluran masuk dan saluran keluaran atau saluran pembuangan ke sungai atau parit.

Meteran Air merupakan alat yang digunakan untuk mengukur tingkat aliran air. Alat ini juga sering digunakan untuk aliran dengan tingkat aliran yang tinggi baik itu terbuka seperti pipa PDAM maaupun yang terbuka seperti aliran irigasi dan parit sungai.

Alat ini juga sering disebut dengan flow meter yang aplikasinya sangat beragam disesuaikan dengan kebutuhan dan penggunaannya.
tujuannya sudah jelas yaitu sebagai alat pengukur besaran tekanan air pada sebuah bidang yang hasilnya dijadikan bahan untuk dikoreksi dan di evaluasi untuk mendapat hasil yang bagus dikemudian hari.

Ketika flow meter dipasang, sumbu elektroda pengukur harus serupa dengan arah horizontal, dan pipa pengukur harus penuh dengan cairan.

Jika pipa pengukur memiliki getaran, harus ada penyangga tetap di kedua sisi flow meter. Jarak antara titik pencampuran dan flow meter harus setidaknya 30 D untuk mengukur cairan pencampuran media yang berbeda.

Untuk memudahkan pembersihan dan pemeliharaan flow meter di masa depan, pipa bypass harus dipasang. Saat memasang meter aliran pelapis PTEF, baut yang menghubungkan dua flensa harus dikencangkan dengan benar, atau pelapis PTEF mudah dihancurkan.

Untuk selengkapnya kami recomedasikan anda website yang mengulas lengkap tentang Flow Meter Air Limbah dengan klik tautan tersebut

About Natasya

Check Also

Tabel Harga Gadget Terbaru Di Indonesia September 2020

Berikut 5 tips ampuh cara merawat aki hp agar awet meski sering dipakai gaming. Di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *